Kisah Kredit Ribawi Berbunga (%) Cicilan Terlihat Kecil, Tapi Sulit Bayar (Rejeki Nyungsep)

Kalau kata buya yahya kredit menjadi tidak apa apa, yang menjadi riba atau enggaknya itu tergangung akadnya.

Kalau kredit melibatkan bank hingga ada bungannya. Itu sudah jelas Riba (%).

Menurut buya Yahya yang di kutip dari Viva.co.id

sebenarnya hukum kredit pada dasarnya sah atau diperbolehkan. Asal, benar-benar murni kredit. Bagaimana maksudnya?

Kredit beneran itu misalnya saya punya rumah, saya ingin jual kepada Anda tempo 10 tahun. Anda boleh membayar setiap tahun Rp100 juta, berarti rumahnya Rp1 miliar," ujarnya di Youtube Al-Bahjah TV, dikutip VIVA, Kamis 28 Januari 2021.

Lebih lanjut Buya menjelaskan, jika kita membeli suatu barang, kemudian kita tak mampu membayar secara kontan, maka diperbolehkan untuk membayar setengah dulu, sementara sisanya bisa dicicil.

Maka kredit hukumnya menjadi sah.
kisah bermain riba

Hukum Riba Dalam Islam


Riba ini dalam islam sudah jelas hukumnya valid dosa, Dan dosanya besar banget. Para pelaku riba biasanya di dunia sudah mendapatat balasan beratnya.



Sudah banyak orang yang menjadi hancur hidupnya karena dia bermain dengan Riba. Kelihatannya riba menguntungkan.

Maksudnya kita bisa pinjam utang, dengan pinjaman tersebut bisa untuk bisnis lalu bayangannnya bisnis jadi maju omset besar.

Atau kredit ribawi, Kelihatannya bisa beli hal yang di sukai entah hp, entah rumah entah mobil, enak gitu.

Dengan uang yang minim bisa beli barang barang yang di sukai, Jadi kelihatan oke gak sih di lihat orang?...

Padahal menyengsarakan aslinya, Kelihatannya aja menjadi mudah dengan cicilan kecil setiap bulannya.

Tapi di saat proses cicilan tersebut rejeki kita menjadi nyungsep hidup seperti tercekik pokoknya menjadi sengsara ini memang nyata.


Sudah banyak kisah nyata kesengsaraan yang di alami oleh para ribawi. Bukan cuma para pelaku riba saja yang kena hukuman.

Mereka yang gak ikut riba alias cuma menjadi saksi juga kenda asap kesengsaraannya. Ngenes pokoknya.


Lihat Hukum Riba Ini :


  • Orang orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syetan lantaran tekanan penyakit gila”. (QS Al Baqarah : 275)

Siapa Saja yang Menjadi Pelaku Riba?


  • (HR Muslim)Semua yang Berperan Turut Berdosa“Rasulullah melaknat pemakan riba, orang yang memberi makan dengan riba, juru tulis transaksi riba, dua orang saksinya, semuanya sama saja”. (HR Imam Muslim)Mendapat Azab Berat

Seperti apa Hukuman Pelaku Riba Di Akhirat?


Lelaki yang di pinggir sungai melempar batu ke mulutnya hingga berdarah dan kembali seperti semula. Aku (Rasulullah) bertanya, apa ini? salah seorang lelaki yang bersamaku menjawab, yang engkau lihat dalam sungai darah itu adalah pemakan riba”. (HR Imam Al Bukhari)


Kalau Pas Riba Doa Gak Dikabulkan, Mending Taubat Dulu



Doa Tidak Dikabulkan“Makanan dan minumannya berasal dari yang haram, pakaiannya haram dan dikenyangkan oleh yang haram. Maka bagaimana mungkin doanya akan dikabulkan Allah?” (HR Muslim)



Sayang banget kan udah sholat capek capek, Shalat sunnahnya juga banyak banget. Tapi darah yang menalir dan daging yang tumbuh hasil harta riba.

Sehingga ketika kita berdoa di iringin dengan tangisan darah, Doa tetap tidak di kabul. Padahal momen sholat bagus apalagi sampai memangis.

Adalah moment doa paling mustajab dan cepat terkabul.


Kisah Nyata : Pengalaman Credit HP Di salah Satu Perusahaan yang Di Indonesia ini Ternama Banget, Hidup Jadi Nyungsep rejeki Seret



Waktu itu saya pengin banget punya hp yang kameranya bagus, karena dulu ada niatan ingin jadi youtubers.

Karena dari youtube kan bisa untuk nyari uang tuh, Cuma kan jadi gak bagus video yang di unggah youtub kalau kamera yang di pakai jelek.

Sehingga saya memutuskan untuk nyari HP yang spek kameranya bagus, Jadi kan enak tuh kalau bikin video.


Akhirnya saya cari cari review hp apa dulu yang pas dan tepat, kemudian saya ketemu dengtan hp yang menurut saya speknya bagus lah untuk bikin video.

Lalu kebetulan ada brosur kredit HP yang menawarkan pembelian HP secara kredit. Dan disitu juga ada HP yang saya cari.

Seneng banget, karena akhirnya hari ini juga hp tersebut bisa saya miliki dan saya bisa langsung bikin video.


Apalagi tawarannya cicilannya juga oke banget, ada yang bisa di cicil dengan hargra rendah. Saya ambIl yang itu.

Melihat gaji saya juga standa aja waktu itu nge paslah, Sehingga saya ambil hp yang tenor per bulannya rendah.


Saya pikir dengan kredit kecil per bulan, Sudah pasti saya menjadi sangat sanggup untuk membayar dengan ringan itu cicilan HP.

Gak tahu kenapa cicilannya padahal kecul cuma 325 rb perbulan, Kalau di banding gaji saya waktu itu segitu kecil.

Tapi subhanallah buat bayar saegitu kok berat banget, Terus hidup jadi susah, Setuap bulan bayar segitu menjadi susah.

Bahkan untuk bayar segitu, gaji saya sayang menurut saya besar kalau untuk bayaran cicilan segini gak cukup.

Sehingga saya cari jalan pintas unjtuk mencari uang tambahan untuk bayar itu cicilan RIBA.


Dan katanya riba membuka pintu keburukan, bener banget, Akhirnya saya dapat uang yang jalannya juga haram.

Sehingga saya nyungsep bertambah semakin nyungsep ya udah kanclep.


Setelaha saya sadari ternyata itu adalah riba, dan kesengsaraan serta hari hari penuh derita adalah hasil dari riba yang saya lakukan tersebut.

Sehingga setelah itu saya gak mau lagi kredit yang ada bunga bunga gitu, apalagi berhubungn dengan bunga bank.

Karena akad kredit saya waktu itu ada bunganya, Bahkan kalau telat bayar bisa kena bunga. 


So? Benar apa kata orang berpenglaman, Mending sabar kalau mau beli apa apa, dari pada riba malah jadi nyungsep.




Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak